Senin, 27 Juli 2015

Makalah lembaga ekonomi


BAB I Pendauluan


A            Latar Belakang Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam sekitar atau dengan mengeksplotasi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pada awalnya manusia semata-sematahanya bergantung pada hewan liar, tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan untuk dimakan.

            Lembaga ekonomi merupakan bagian dari lembaga sosial yang berkaitan dengan pengaturan dalam bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera. Lembaga social adalah himpunan norma dari segala tingkatan yangberkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat .Lembaga ekonomi ialah pranata yang mempunyai kegiatan bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Ada beberapa sistem perekonomian, di antaranya adalah :
1. system ekonomi komunis,
2. system ekonomi kapitalis dan
3. system ekonomi pancasila



BAB II Isi



A.              Lembaga Ekonomi

            Menurut Jonhson ( 1996 ) institusi ekonomi adalah suatu set ide ( ilmu pengetahuan ) yang berhubungan dengan barang dan pelayanan yang di hasilkan, di bagikan dan di gunakan dalam masyarakat.. Lembaga ekonomi pada dasarnya menangi masalah produksi, distribusi dan konsumsi baik berupa barang maupun jasa. Dengan demikian, lembaga ekonomi memegang tiga fungsi utama, yaitu:

          1.  Memproduksi barang dan jasa yang di butuhkan dalam kehidupan masyarakat.
          2. Mengatur pendistribusian barang atau jasa kepada masyarakat yang membutuhkan.
          3. Mengatur penggunaan atau pemakaian barang atau jasa dalam kehidupan masyarakat.

B.     Fungsi lain dari  lembaga ekonomi adalah :

• Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
• Memberi pedoman untuk barter dan jual beli barang
• Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja dan cara pengupahan
• Memberi pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
• Memberi identitas diri bagi masyarakat
Bedaasarkan atas uraian di atas, maka lembaga ekonomi dapat di artikan sebagai lembaga sosial yang menangi masalah pemenuhan kebutuhan material dengan cara mengatur pengadaan barang atau  jasa. Menyalurkan barang atau jasa, dan mengatur pemakaian barang atau jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup masayarakat sehingga semua lapisan masyarakat mendapatkan barang atau jasa sebagaimana yang diperlukan.

Kegiatan  produksi berkaitan dengan system mata pencaharian masyarakat, seperti: pertanian, pertenakan, kerajinan, perindustrian, perikanan dan lain sebagainya. Kegiatan distribusi barang maupun jasa dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu:

1. Reprositas atau hubungan timbal balik, yaitu pertukaran barang dan jasa yang memiliki nilai yang sama antara kedua belah pihak.
2. Redistribusi, yaitu perukaran kembali barang dan jasa yang sudah masukpada suatu tempat tertentu di pasar, took, swalayan, dan sebagainya untuk kemudian barang-barang tersebut di distribusikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, dan
3. pertukaran pasar, yaitu, pertukaran barang yang dilakukan oleh orang yang satu dengan orang yang lainnya berdasarkan tawar menawar harga yang disepakati bersama.

beberapa perekonomian tersebut di antaranya adalah system ekonomi komunis, system ekonomi kapitalis dan system ekonomi pancasila.

1.      Sistem Ekonomi Kapitalis

               Kapitalisme merupakan system ekonomi yang di kondisikan sedimikian rupa sehingga terjadi suatu kebebasan berkontrak, kebebasan keuntungan dan pemilikan pribadi, kebebasan melakukan akumulasi modal dan investasi, terdapat mekanisme system upah, mekanisme system pasar yang sangat ditentukan oleh penawaran dan permitaan, dan adanya persaingan bebas. Salah satu contoh negara kapitalis terbesar saat ini adalah Amerika Serikat.  

2.      Sistem Ekonomi Komunis

               Komunisme mengembangkan system perekonomian yang secara diktator di kendalikan oleh partai komunis. Dalam system ekonomi komunis rakyak sama sekali tidak memiliki sarana pengendalian yang efektif dalam kegiatan ekonomi sehingga barang dan jasa yang di produksi seperti penentuan barang dan jasa yang di produksi, penentuan harga barang dan jasa, penentuan besaran gaji pengawai, dan lain sebagainyaditentukan oleh badan yang berfungsi sebagai pesat perencanaan.

3. Sistem Ekonomi Pancasila

                Negara Indonesia merupakan system ekonomi yang khas yang di sebut dengan system ekonomi pancasila. System ekonomi pancasila merupakan system perekonomian yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur marerial dan spiritual. Untuk tujuan tersebut system ekonomi pancasila berlandaskan pada pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:
1. Ayat 1:
 Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasrkan atas asas kekeluargaan.

2. Ayat 2:
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

3. Ayat 3:
Bumi, air, dan kekayaan alam terkandung di dalamnya di kuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Pasal 33 UUD ’45 di atas sesungguhnya merupakan suatu system demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran rakyak, bukan kemakmuran perorangan atau golongan tertentu. Itulah sebabnya system ekonomi pancasila disusun sebagai usaha berdasarkan atas asas kekeluargaan. Lembaga ekonomi pancasila yang sesuai dengan system ekonomi pancasila adalah koperasi.


C.    Tipe tipe Lembaga Ekonomi

b. Tipe ekonomi campuran yaitu gabungan antara sistem kapitalis dan sosialis
c. Tipe ekonomi Komunis
d. Sistem ekonomi masyarakat fasis yaitu masyarakat yang dipimpin oleh suatu partai diktaktor yang diorganisir oleh seorang pimpinan yang kharismatik
e. Sistem ekonomi Indonesia bertumpu pada pasal 33 UUD 1945


D.Struktur lembaga ekonomi
Secara sederhana, lembaga ekonomi dapat diklasifikasikan sb;
  1. sector agraris yang meliputi sector pertanian, seperti sawah, perladangan, perikanan, dan pertenakan.(Gathering/pengumpulan) yaitu proses pengumpulan barang atau sumberdaya alam dari lingkungannya.
  2. sector industri ditandai dengan kegiatan produksi barang.(production)
  3. sector perdagangan merupakan aktifitas penyaluran barang dari produsen ke konsumen {Distributing) yaitu proses pembagian barang dan komonditas pada subsistem-subsistem lainnya.
Ada beberapa unsur lembaga ekonomi :
·         Pola perilaku : efisiensi, penghematan, profesionalisme, mencari keuntungan
·         Budaya simbolis : merk dagang, hak paten, slogan , lagu komersial
·         Budaya manfaat : took, pabrik,pasar, kantor, balngko, formulir.
·         Kode spesialisasi : kontrak, lesensi, kontrak monopoli, akte perusahaan
·         Ideologi : liberalisme, tanggungjawab ,manajerial, kebebasan beryusaha, hak buruh.
F.tujuan lembaga Ekonomi
Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga ekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat.


BAB III Penutup



A.    Kesimpulan :

1.  Lembaga ekonomi berfungsi :
1.      Memproduksi barang dan jasa,
2.      Mengatur pendistribusian barang atau jasa dan
3.      Mengatur penggunaan atau pemakaian barang atau jasa dalam kehidupan masyarakat.

2. Kegiatan distribusi barang maupun jasa dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu:
1.      Reprositas atau hubungan timbal balik.
2.      Redistribusi, dan
3.      pertukaran pasar.

3.      Sistem ekonomi di bagi tiga :
1.      System ekonomi kapitalis
2.      System ekonomi komunis
3.      System ekonomi pancasila]

Tipe tipe Lembaga Ekonomi
·         Tipe ekonomi campuran yaitu gabungan antara sistem kapitalis dan sosil
·         . Tipe ekonomi Komunis
·         Sistem ekonomi masyarakat fasis yaitu masyarakat yang dipimpin oleh suatu partai diktaktor yang diorganisir oleh seorang pimpinan yang kharismatik
·         Sistem ekonomi Indonesia bertumpu pada pasal 33 UUD 1945

Dan ada pula struktur dan tujuan dari lembaga ekoomi



Daftar Pustaka

Sunarto, Kamanto. 1985. Pengantar Sosiologi : Sebuah Bunga Rampai. jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Ritzer, George dan Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Prenada Media, Kencana, cet.I, 2003.
Sumber:
1. Sosiologi Esis: Kun Maryati
2. www.antara.co.id
3. www.pinara.net
4. www.beritasore.com
5. Kompas

Mohon maaf ya sebelumnya ane pos sembarangan ane cuma mau berbagi kepada teman-teman yang mungkin membutuhkan postingan saya,,maaf kalau masih banyak kekurangan heheee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar